Senin, 22 November 2010

Sate Jamur untuk Vegetarian

Sate jamur, kuliner satu ini mungkin masih asing bagi masyarakat. Namun sate jamur memang menjadi menu favorit baru di kota Banyuwangi. Warung makan yang menyediakan menu ini adalah Warung Ibu Tina yang terletak Jl. Raya Kepiting Banyuwangi. Lokasi warung milik Agustini, (49) warga Lingkunngan Stendo, kelurahan tukang kayu ini berada di kantor lama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bagi anda yang belum pernah merasakan nikmatnya sate jamur, anda akan menyangka sate yang anda makan adalah sate ayam. Karena memang kelezatannya mirip dengan sate ayam. Meski demikian rasa khas jamur yang gurih dan sedikit kenyal tetap bisa di rasakan.

Dipadukan dengan kacang pada bumbu satenya menambah kenikmatan sate jamur. “Tentu saja ada bumbu rahasia dalam sate buatan saya,” aku Agustini yang di kenal dengan panggilan Tina, Senin (26/7/2010).

Untuk menikmati kelezatan sate jamur milik ini kita tidak perlu mengeluarkan uang yang besar. Hanya dengan Rp 10 ribu saja, kelezatan 10 tusuk sate jamur sudah bisa kita nikmati. Jika ingin memakannya dengan nasi atau lontong kita hanya perlu menambah uang Rp 2 ribu saja. Warung sate jamur Tina buka sejak pukul 10.00 WIB pagi hingga pukul 21.00 WIB.

Setiap harinya, setidaknya Tina menghabiskan 7 kg jamur tiram sebagai bahan baku. Jumlah itu menurutnya terus bertambah seiring dengan bertambahnya peminat sate jamur. Menurut Tina, setiap kg jamur tiram rata-rata bisa dibuat menjadi 60 tusuk sate jamur.

Sate jamur, selain sedap juga rendah kolesterol. Sehingga bagi mereka yang punya masalah kolesterol tidak perlu takut untuk makan sate yang satu ini. Sate jamu juga menjadi makanan alternative bagi para Vegetarian. Tidak sedikit vegetarian yang memilih sate jamur sebagai makanan pengganti sate.

“Biasanya kalau saya ingin makan sate khusus vegetarian saya harus ke Bali, sekarang tidak lagi,” ujar Wiriyanto, seorang vegetarian penikmat sate jamur.

Sumber : jurnalbesuki.com - jae/mm/jb2

Lihat juga:
Soto
Burger King

Tidak ada komentar:

Posting Komentar